Pengidap HAFIZHOMNIA!!

Kamis, 23 Juni 2011

My Highest Tribute to my Lovely Teacher named SUDIARTO (R.I.P.)

Hallo semuanya... sfx: krik... krik.. (sepinya web gw..)


Kali ini gw akan cerita tentang salah satu Pahlawan Tanpa Tanda Jasa (baca: guru) kesayangan gw ketika di SMA dulu. Sebelumnya gw mau kasih tahu kalo gw dulu sekolah di SMA Negeri 1 Kota Metro Lampung. Di SMA ini gw mengecam pendidikan selama 3 tahun (nggak kurang apalagi lebih) dan ditakdirkan sebagai Penganut Paham Sosialisme (baca: IPS). Selama SMA dulu gw bertemu dan mengenal berbagai macam "SPESIES" (hehehe...) Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Mulai dari yang "SUPER KILLER", "SUPER BAIK", "SUPER JAIM", "SUPER GAHOOL SAMPE BERASA TEMEN SENDIRI", pokoknya gw bertemu orang-orang yg memiliki kekuatan "SUPER" ketika SMA dulu (lho?). 

Nah, salah satu guru tebaik versi On The Spot (lho?) di SMA Negeri 1 Kota Metro, maksudnya menurut gw dan mungkin juga menurut temen-temen gw yang lain, atau mungkin bahkan para alumni SMA Negeri 1 Kota Metro lain yang pernah diajar Beliau adalah Bapak SUDIARTO, S.Pd. (1952-2011). Seorang Sejarawan (baca: guru Sejarah) yang amat ciri khas dengan "NGOBRAS (Ngobrol Bareng Sudiarto)"-nya ketika mengajar. Mungkin untuk sebagian siswa yang pernah diajar oleh Beliau menganggap kalau Beliau tidak pernah mengajarkan materi apa pun ketika mengajar. Namun, kalau menurut gw pribadi, Beliau justru mengajarkan banyak hal tentang pengalaman-pengalaman Beliau dan nilai-nilai kehidupan yang bisa juga masuk dalam kategori Sejarah (sejujurnya memang Beliau jarang sekali memberikan materi pelajaran). DIsamping itu juga beliau selalu membawa keceriaan kepada anak didiknya ketika mengajar karena Beliau menganut paham "PURA-PURA"-isme (lho?). 

Jadi gini, dulu Beliau pernah berkata, 

"Yah, kita disini khan cuma PURA-PURA toh?? Saya PURA-PURA jadi Guru, PURA-PURA mengajar kalian. Dan sedangkan kalian PURA-PURA jadi murid saya, yang cuma bisa 3D, Datang, Duduk, Dlongap-dlongop... hehehehe"

, gw dan temen-temen gw yg lain pun tertawa setelah Beliau mengatakan hal itu. Dan Beliau selalu santai dalam mengajar, 

"Nah, 1 jam pelajaran pertama kita absen dulu. 45 Menit dibagi 32 orang, kira-kira waktu absen per siswa 1-2 menit, iya toh?? terus 1 jam berikutnya kita NGOBRAS.. hehehe"

, itu hal yang dikatakan Beliau setiap awal jam pelajaran yg membawa keceriaan buat gw dan temen-temen. Pokoknya banyak keceriaan yang dibawakan oleh Beliau ketika mengajar dan mungkin nggak akan cukup kalo gw ceritain semua di sini.

Kini Beliau sudah tak di sini lagi, seminggu yang lalu tanggal 16 Juni 2011, Beliau dipanggil oleh Yang Maha Kuasa tepatnya jam 02.30 (katanya ketika sedang ingin melihat Gerhana Bulan). Wafatnya Beliau dikarenakan Serangan Jantung. Kabar yang gw dapet ketika hari itu langsung membuat gw speechless  dan sempat menganggap kalo berita itu hanya bohong. Akan tetapi, setelah gw cari informasi lebih lanjut ternyata Beliau memang telah kembali ke Pangkuan Sang Maha Kuasa. Gw merasa sedih "sangat" dan kehilangan sosok yg sudah seperti Ayah dan teman karib sendiri bagi gw. 

Dan inilah penghargaan tertinggi gw untuk Papa SUDIARTO, sebuah karya yang mungkin menjadi gambaran sosok Beliau menurut gw...





Pak, nanti kalo saya dan teman-teman udah masuk Surga (amiin) dan ketemu Bapak lagi, jangan lupa kami di-absen lagi ya... :') (jadi sedih..) SEKIAN...

SALAM HAFIZHOMNIA

14 komentar:

  1. huwah
    T__T
    sedih lagi dah aku....

    BalasHapus
  2. sama d... apalagi kk yg sepanjang malem ngliatin foto papa Diarto waktu lg bikin ni gambar... :'(
    Rindu rasanya ingin bertemu lagi..

    BalasHapus
  3. teringat guru-guruku yang telah tiada.. :'( , udah lama pula nggak main berkunjung ke SMA .. *so sad.

    BalasHapus
  4. Pak, nanti kalo saya dan teman-teman udah masuk Surga (amiin) dan ketemu Bapak lagi, jangan lupa kami di-absen lagi ya... :')

    TERHARUUUUUUUU :'(

    BalasHapus
  5. Wah jadi sedih gue, turut berduka cita deh gan.. keep smile yaw.. :)

    BalasHapus
  6. bang... gambar begituan pake ap??

    BalasHapus
  7. turut berduka cita ya kakak :(
    btw gambarnya bagus deh,mau dong digambarin #eeeaaa

    BalasHapus
  8. pake CorelDraw... :') masih kangen sama Guru yg satu ini... padahal Idul Fitri nanti pengen maen ke rumahnya lagi...

    BalasHapus
  9. sedih klo ngedenger orang meninggal ngedadak gitu. keinget guru SMA saya, dia baik masih muda, gagah, tapi karena kecelakaan, yah begitulah...turut berduka yah

    BalasHapus
  10. Sedih... #Speechless...
    Keep writing n doodling ya...
    Gambar nya bagus, pengalamannya ngena,,, Wah...
    #Pingsan

    BalasHapus
  11. Turut berduka cita ya...dari cerita lu, tampaknya Indonesia kembali kehilangan seorang pahlawan tanpa tanda jasa...

    Gua juga baru ngalamin, kemaren guru gua juga meninggal T.T

    http://claude-c-kenni.blogspot.com/2011/06/here-one-day-gone-one-night.html

    BalasHapus
  12. kakk pengen diajar dia lhoo :(
    pas banget kami mau naik kelas 3 pak diarto udah gak ada :( terpaksa sama bu anita nih T---T
    semoga pak diarto tenang di sana .. *amin* :)

    BalasHapus
  13. sedih. semoga dia diterima disisiNya yah :'(((

    BalasHapus

Leave you comment here... You can just put your name and URL (as Facebook, Twitter, Plurk, etc) as you ID... thank you very much for visiting HAFIZHOMNIA... :)

artinya:

Tinggalin komentar lo di sini.. Lo bisa pake Nama dan URL (sperti PESBUK, TUWITER, PeLURK, dsb) sebagai ID lo... Thx beud buat kunjungan ke HAFIZHOMNIA

btw, buat apa gue tadi pake Bahasa Inggris?? =__=

HAFIZHOMNIA!! (Blog-nya H-PeaceArtWork)

IKLAN